RUMPUT AKAR WANGI

PUSAT PERTANIAN RUMPUT VETIVER | RUMPUT AKAR WANGI | PETANI RUMPUT VETIVER | RUMPUT PENCEGAH TANAH LONGSOR.

Kami merupakan supplier rumput vetiver / akar wangi, untuk pencegahan tanah longsor, rumput vetiver cocok untuk pencegahan tanah longsor, rumput vetiver dengan nama latin Vetiveria Zizanioides, tanaman yang berasal dari india ini sudah tumbuh subur di wilayah indonesia, rumput vetiver memiliki banyak fungsi diantaranya : sumber wangi-wangian, campuran bahan kosmetik.

Yaitu setiap pemanfaatan tanaman/vegetasi sebagai pelindung tanah dari erosi, penghambat laju aliran permukaan, peningkatan kandungan lengas tanah, serta perbaikan sifat-sifat tanah, baik fisik, kimia, maupun biologi. Tanaman ataupun sisa-sisa tanaman berfungsi sebagai pelindung tanah terhadap daya pukulan butir air hujan maupun terhadap daya angkut air aliran permukaan (runoff), serta meningkatkan peresapan air ke dalam tanah.

Salah satu contohnya yaitu rumput vetiver, yang dikenal dengan akar wangi, atau usar. Yaitu tanaman dengan rumput yang berukuran besar dan punya banyak fungsi. Pemanfaatan tanaman ini disebut dengan Vetiver System(VS). Yang mana VS ini adalah teknologi yang memanfaatkan tanaman vetiver yang masih hidup untuk konservasi tanah.

VS sangat efektif untuk konservasi tanah dan mudah digunakan, konservasi air dan juga menstabilkan dan memperbaiki lahan. Vetiver juga mudah dikendalikan karena tidak menghasilkan bunga dan biji yang dapat cepat menyebar liar seperti alang-alang atau rerumputan yang terdapat pada kebanyakan tumbuhan liar.

Keajaiban vetiver sebagai ekologis disebabkan oleh sistem akarnya yang unik. Tanaman ini memiliki akar serabut panjang yang masuk secara vertikal kedalam tanah. Bahkan panjang akar ini mencapai 5.2 meter masuk kedalam tanah, sehingga dapat dibayangkan bagaimana vetiver ini mencengkram tanah.

 

Akar vetiver ini dapat menembus lapisan tanah setebal 15 cm yang sangat keras. Di lereng-lereng yang sangat padat, ujung-ujung akar vetiver mampu masuk menembus dan menjadi semacam jangkar yang mencengkram dengan kuat. Cara kerja akar ini seperti besi kolom yang masuk kedalam menembus lapisan tekstur tanah. Sehingga tidak perlu diragukan lagi fungsi nya untuk mencegah erosi, baik itu dari angin maupun air.