SYARAT TUMBUH RUMPUT VETIVER

Supplier Rumput Vetiver | Rumput Pencegah Tanah Longsor | Tanaman Ajaib | Pusat Rumput Vetiver.

Tanaman akar wangi atau dalam bahasa Tamil disebut Vetiver mempunyai sifat dapat tumbuh pada kondisi tanah dan iklim yang ekstrim. Tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik di tanah geluh pasiran dan berdraenase baik. Vetiver tumbuh rimbun pada daerah yang mempunyai curah hujan rata-rata tahunan antara 1000 – 2000 mm dan pada suhu antara 21 – 44.5 C, namun demikian tanaman ini dapat tumbuh pada suhu di atas atau dibawahnya.

Di Roma, vetiveria zizanoides dapat bertahan hidup pada kondisi bersalju selama 18 hari dan suhu –11C, termasuk 8 bulan dimana suhu berada titik beku dan pada ketinggian 650 m di ataspermukaan laut dengan curah hujan musim dingin 1100 mm

Di India, vetiver dapat tumbuh pada ketinggian 2300 m dpl di pegununga Himalaya vetiver tersebut tidak hanya bertahan hidup pada udara dinggin yang ekstrim tetapi juga dapat bertahan hidup pada tanah pegunungan yang mengalami erosi. Tanaman vetiver yang seluruhnya tergenang air sungai dengan kedalaman lebih dari 1 meter selama 45 hari, ketika dikeringkan ternyata tanaman tersebut tumbuh lagi tanpa ada tanda-tanda mengalami stress.

Karakteristik fisiologi yang menguntungkan dari tanaman vetiver antara lain adalah :

  1. Mempunyai densitas perakaran yang tinggi dan kedalaman melebihi 2 meter di bawah permukaan tanah. Sistem perakaran yang sangat lebat dapat memegang tanah dengan kuat sehingga dapat memperteguh agregat tanah.
  2. Mempunyai tegakan batang yang kuat dan rapat, sehingga sediment yang terangkut oleh air akan tertahan pada bonggol-bonggol tanaman vetiver.
  3. Tahan terhadap kekeringan dan kelebihan air.

Mengingat karakteristik fisiologi tersebut maka tanaman vetiver dapat dimanfaatkan sebagai tanaman konservasi untuk memperkuat tanggul dan bantaran sungai serta bangunan-bangunannya.